Minggu, 05 Desember 2010

Peranan Ulama dalam proses Awal Perkembangan Islam di Indonesia

        Ulama Mempunyai peranan yang sangat besar dalam proses awal perkembangan islam diindonesia  .  Para    Ulama  sangat aktif menyebarkan agama islam  di berbagai wilayah  diindonesia . para ulama yang sangat berjasa menyebarkan agama islam dipulau jawa adalah  Wali sanga  atau Wali  Sembilan .Wali  adalah Sebutan bagi orang orang yang pengetahuan dan penghayatan agama islamnya sudah mencapai sangat dalam  dan sanggup untuk berjuang untuk kepentingan agama islam tersebut. Disamping  mempunyai peranan `yang sangat besar dalam penyhebaran agama islam dipulau   jawa ,  Wali sanga  juga sangat berperan sebagai penasihat raja dan pendukung raja raja islam yang Berkuasa , bahkan ada yang Menjadi raja seperti Sunan Gunung Jati.
    
 
 Adapun nama nama Wali sanga  berikut daerah penyebarannya sebagai berikut              

1.Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)
         Maulana Malik Ibrahim merupakan tokoh keturunan Arab, putra dari Zainal bin Hasan Ali r.a. Beliau berjasa  besar  dalam berdakwah islam didaerah jawa .Beliau dating kre Jawa Timur pada tahun 1379 M dan wafat  dan wafat pada tanggal 12 Rabiul Awal 82 H atau pada bulan April 1419 M dan dimakamkan di gresik.

2.Sunan Ampel.( Raden Rahmat)
             Nama kecil Sunan Ampel adalah Raden Rahmat.Beliau berasal dari Campa. Sunan Ampel merupakan  penerus cita cita dan perjuangan Maulana  Malik Ibrahim .beliau  ikut Mendirikan Masjid Agung Demak  .
             Raden Rahmat memilih daerah Ampeldenta dekat Surabaya  sebagai pusat kegiatn pengembangan agama islam. Oleh karena pusat dakwahnya  berada  di wilayah Ampeldenta maka Raden Rahmat lebih dikenal sebagai Sunan Ampel. Sunan Ampel mulai mengembangkan agam islam di Jawa Timur dengan mendirikan Pesantren Ampeldenta .

3.Sunan Drajad
 Syarifuddin atau Masih Maunat  yang lebih dikenal dengan sebutan Sunan Ampel (Raden Rahmat) .Sunan drajad  menyebarkan agama islam di Drajat,dekat Sedayu.Beliau merupakan Waliullah yang berjiwa social dan dermawan .Sebagian ahli menyatakan bahwa Sunan Drajat adalah pencipta gending Pangkur

4.Sunan Bonang
          Raden Maulana Makhdum Ibrahim yang terkenal dengan nama Sunan Bonang adalah putra Sunan Ampel. Maulan Mafkhdum Ibrahim menyebarkan Islam di Bonang,dekat Tuban. Sunan Bonang menciptakan Gending Dharma  seta mengganti nama-nama hari mnurut kepercayaan Hindu engan nama-nama malaikat serta nabi-nabi.

5.Sunan Giri
          Sunan Giri disebut juga Raden Paku,Prabu Satmaka,atau Sultan Fakih. Beliau  putra Maulana Ishak yang pernah ditugaskan oleh Raden Rahmat untuk menyebarkan agama Islam didaerah Blambangan yang pada waktu itu masih memeluk agama hindu
         Raden Paku atau Sunan Giri mendirikan sebuah masjid dan asrama untuk menampung banyak murid  dari berbagai wilayah di Giri, dekat Grsik.Sunan Giri pernah mengirimkan utusan ke luar jawa

6.Sunan Kalijaga
         Sunan Kalijaga yang mempunyai nama kecil Raden Mas Syahid adalah putra Bupati Tuban.Sunan Kalijaga menyebarkan agama islamdi Kadilangu. Sunan Kalijaga menyebarkan agam islam melalui cerita wayang yang sudah banyak  dimasuki oajaran ajaran islam.

7.Sunan Kudus
        Sunan Kudus yang mempunyai nama kecil Ja’far Shodiq adalah putra Mas Usman Haji atau Sunan Ngandung di Jipang Panulan .Beliauseorang wali yang pandai dalam ilmu agama ,seperti ilmu tauhid,fikih,hadis,sastra,mantik,dan fiqh.oleh karena itu beliau mendapat gelar Waliyyulilmi.Daerah penyebaran ajaran Islamnya meliputi daerah pesisir jawa tengah.Tempat belia mengajarkan agama diberi nama kudus yang bersal dari bahasa arab,quds yang berarti suci

8.Sunan Muria
      Sunan Muria adalah putra sunan Kalijaga .nama  kecil Sunan Muria adalah Raden Prawata .Beliau menciptakan gending Sinom dang ending Kinanti untuk kepenyingan dakwah.daerah penyebaran dakwah islamnya berada disekitar Lereng gunung Muria. .cara dakwah yang dilakukan adalah memberi kursus kepada rakyat jelata. Beliau lebih suka bergaul dengan Rakyat jelata.Sunan Muria wafat dan dimakamkan di puncak Gunung Muria.

9.Sunan Gunung Jati


Sunan Gunung Jati mempunyai nama yang sangat banyak,antara lain Fatahillah,Muhammad Nuruddin,falatehan,Syah Naurullah,Syarf Hidayatullah,Makhdum Jati,dan Mafkhdum Rahmatullah.
     Suan Gunung Jati berasal dari Pasai,sebelah utara Aceh dan masih keturunan raja.Fatahillah diangkat sebagai panglima yang ditugaskan di jawa barat  oleh Sultan Trenggono. Fatahillah di Jawa Barat dapat menduduki tempat-tempat penting seperti pantai sunda kelapa.Beliau mengubah nama Sunda Kelapa menjadi Jayakarta pada tahun 1527.Setelah berada di jawa barat ,beliau berhasil menyebarkan agama islam kepada penduduk yang saat itu masih kuat agama hindunya.Fatahillah wafat dan dimakamkan di Gunung jati,Cirebon

Penyebaran Agama Islam di  Jawa selain dilakukan oleh Wali sanga Juga Dilakukan Oleh para  ulama , Seperti Syekh Bentong yang Berdakwah disekitar Lawu,  Sunan Bayat melakukan Dakwah diklaten , Syekh Majagung, Sunan Sendang Duwur , Sunan  Prapen, dan Syekh  Siti Jenar.

Islam Selain berkembang pesat di pulau  jawa juga berkembang di pulau lain diindonesia. Dakwah  Islam itu juga dilakukan oleh beberapa  ulama besar ,  seperti:

  1. Dato’ri bandang  , ulama yang berdakwah dan menyebarkan agama islam  di daerah Gowa, Makassar
  2.  Dato Sulaeman  , ulama yang menyebarkan dan berdakwah agama islam di Daerah Sulawesi Tengah dan Utara
  3. Tuan Tunggang ri Pararangan,   ulama yang berdakwah dan menyebarkan agama islam di  Kalimantan Timur
  4. Penghulu Demak, ulama yang berdakwah dan menyebarkan agama islam  didaerah Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Sumber:  Pengetahuan Sosial Sejarah  Untuk Kelas 1  SMP,  Tiga Serangkai



                                                                                                                                          

      

1 komentar: